Senin, 16 April 2012

Pekerja Seks Komersial di Wanam Bebas Beroperasi

Rabu, 04 April 2012 , 17:14:00


 

Tanpa Pemeriksaan Kesehatan Rutin
MERAUKE- Para Pekerja Seks Komersial (PSK) di Wanam kini bebas beroperasi tanpa pemeriksaan kesehatan secara rutin dari tenaga kesehatan. Pasalnya saat ini tenaga kesehatan sangat minim. 
   Kepala Pusat Kesehatan Reproduksi (PKR) RSUD Merauke dr Inge Silvia, kepada Cenderawasih Pos, Selasa kemarin, mengungkapkan, kesulitan  yang dialami pihaknya untuk bisa mengontrol atau memeriksa kesehatan secara rutin para PSK yang beroperasi di Wanam tersebut karena minimnya tenaga.
  ‘’Kami  di Merauke saja, masih kurang  tenaga, apalagi kita  mau kirim ke  Wanam. Dan kalau kita mau kirim ke sana, juga harus  dengan dukungan dana dan fasilitas di sana. Ini yang masih menjadi kesulitan,’’  katanya. 
   Dikatakan, kalau pemeriksaan HIV/AIDS, bisa dilakukan oleh dokter  yang
bertugas di sana (Wanam). Tapi khusus untuk  penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) dibutuhkan keahlian khusus, karena itu berkaitan dengan profesi. Jadi tidak semua  tenaga medis seperti dokter bisa melakukan,’’ katanya. 
  Berdasarkan data yang diperoleh saat turun ke Wanam tahun 2011 lalu, ungkap dr Silvia Inge, telah ditemukan  sedikitnya 40 PSK beroperasi di daerah tersebut.  Para PSK tersebut, lanjut dia, ada yang  datang dari Merauke, Timika, Jawa dan daerah lainnya di
Indonesia. ‘’Kalau sekarang  kita tidak tahu jumlahnya sudah berapa karena kemungkinan bisa saja terus bertambah,’’ jelasnya.
  Ditambahkan, tujuan dari pemeriksaan secara rutin tersebut untuk mengetahui status
dari para pekerja tersebut. Jika  ditemukan terkena IMS, maka otomatis dilarang untuk bekerja atau melakukan transaksi sampai IMS-nya sembuh.  Karena IMS sendiri, merupakan pintu masuknya  HIV/AIDS.
  Sekadar diketahui, di Wanam telah beroperasi satu perusahaan penangkap ikan yang sebagian besar ABK-nya berasal dari China yang menjadi daya tarik bagi PSK ke daerah tersebut. Bahkan,  data tahun lalu telah ditemukan sejumlah PSK yang positif HIV/AIDS. (ulo/nan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar